Makam Panjang 9 Meter yang Aneh dan Unik

Makam Panjang 9 Meter yang Aneh dan Unik

Ada yang aneh dan tak biasa di kawasan situs Makam Siti Fatimah Binti Maimun di Desa Leran, Kecamatan Manyar, Gresik - Jawa Timur. Di sana terdapat delapan makam kuno dengan ukuran yang luar biasa karena memiliki panjang 9 meter.

Sesuai dengan ukurannya yang panjang, makam-makam itu juga dikenal dengan nama Makam Panjang. Lokasi makam ini untuk yang 6 makam berjarak sekitar 50 meter di samping kiri makam Siti Fatimah Binti Maimun.

Dengan naungan pepohonan besar dan rumpun bambu di sekitarnya, menjadikan suasana makam Panjang itu cukup seram. Apalagi dengan banyaknya lumut di batu nisan dan tembok yang mengelilingi makam, lembaran kain putih yang membungkus batu nisan serta taburan bunga setaman dan dupa di batu nisan.

Entah kenapa, untuk delapan makam itu terbagi dalam dua bangunan. Bangunan pertama terdapat gapura yang cukup rendah untuk memasukinya. Di bangunan yang terbuka ini ada tiga makam yaitu makam Sayid Djakfar, Sayid Kharim dan Sayid Syarif.

Sekitar 20 meter dari bangunan ini pada bagian luar terdapat makam panjang berikutnya yaitu makam Sayid Djamaludin. Berdekatan dengan makam ini ada bangunan pagar yang tanpa gapura dengan terdapat dua makam panjang yaitu makam  Sayid Djalal dan Sayid Djamal.
Sedangkan untuk dua makam Panjang berjarak sekitar 50 meter pada sisi kanan dan kiri jalan setapak saat masuk menuju ke Makam Siti Fatimah .  Dulu kedua makam ini tak terlihat bentuknya karena kurang begitu terawat.

Tetapi saat ini sudah ada bangunan pagar tembok kecil yang mengelilinginya sehingga bentuknya baru terlihat ternyata ada juga makam panjang di sana.

Menurut Muhaimin ( 27 th), dibangunnya pagar baru yang mengelilingi makam panjang itu untuk melindunginya dari injakan kaki para peziarah yang tidak tahu kalau di sana ada makam panjang .

Keberadaan makam Panjang yang aneh dan unik itu menjadi salah satu daya tarik di situs Makam Siti Fatimah Binti Maimun.


0 Response to "Makam Panjang 9 Meter yang Aneh dan Unik"

Posting Komentar