6 Tokoh fiksi ini ternyata terinspirasi dari tokoh nyata

Kebanyakan yang namanya tokoh fiksi, biasanya hanya hasil dari rekaan pengarang. Sebuah gambaran karakter yang tidak nyata, yang sengaja dibuat untuk melengkapi sebuah karya fiksi itu sendiri. Namun ada beberapa tokoh fiksi, yang diciptakan oleh si pengarang karena terinspirasi dari tokoh nyata yang mereka kenal atau terkenal pada masa mereka.

Oke deh kawan!! dibawah ini telah kami sajikan untuk kalian beberapa tokoh fiksi terkenal yang terinspirasi dari kisah nyata. Jadi, silahkan santap aja langsung sajiannya dibawah ini.

1. Severus Snape (Harry Potter)
6 Tokoh fiksi ini ternyata terinspirasi dari tokoh nyata

Severus Snape adalah salah satu tokoh yang paling diingat dalam kisah Harry Potter. Sikap yang dingin dan keberpihakannya yang tidak jelas selama cerita merupakan hal yang selalu diingat. Ternyata tokoh Severus Snape ini terinspirasi dari seorang tokoh nyata yang dikenal oleh J.K. Rowling.

Tentu saja Severus Snape di dunia nyata ini bukanlah seorang penyihir. Tokoh ini terinspirasi dari guru kimia Rowling yang bernama John Nettleship. Dia sama sekali tidak tahu bahwa tokoh Snape terinspirasi dari dirinya, hingga beberapa murid dan istrinya menyadarinya. Sebelumnya, ibu dari Rowling pernah menjadi asisten dari Nettleship.

2. James Bond
6 Tokoh fiksi ini ternyata terinspirasi dari tokoh nyata

James Bond adalah agen rahasia dan mata-mata yang paling terkenal di dunia. Tetapi siapa sangka bahwa agen dengan kode 007 ini ternyata terinspirasi dari tokoh nyata. Sebelumnya sang pencipta tokoh ini Ian Fleming merupakan bagian dari agen rahasia Inggris. Tetapi diduga tokoh James Bond terinspirasi dari salah satu agen rahasia andalan Inggris pada perang dunia II bernama Forest Yeo-Thomas.

Yeo-Thomas pernah terjun dengan parasut ke wilayah musuh sebanyak tiga kali atas perintah langsung Winston Churchill. Dia juga pernah ditangkap oleh polisi rahasia Jerman tetapi berhasil membebaskan diri. Aksi yang cukup familiar dengan James Bond kan? Walaupun tidak pernah bekerja bersama Yeo-Thomas, tetapi Fleming menunjukkan kekaguman terhadapnya hingga menginspirasinya menciptakan tokoh James Bond.

3. Sherlock Holmes
6 Tokoh fiksi ini ternyata terinspirasi dari tokoh nyata

Sebagai tokoh fiksi, Sherlock Holmes adalah detektif paling terkenal di dunia. Walau tidak pernah membaca ceritanya, pasti hampir semua orang mengetahui nama detektif ini. Kecerdikan dan kecerdasan dari tokoh ini sangat luar biasa dan selalu berhasil memecahkan kasus yang ditanganinya. Ternyata tokoh ini terinspirasi dari seorang tokoh nyata, tapi inspirasi ini bukan dari detektif melainkan seorang dokter.

Tokoh yang menginspirasi ini adalah Dr. Joseph Bell, seorang dosen kedokteran dari University of Edinburgh di Skotlandia. Kemampuan observasi dan kecerdasan yang memukau dari Bell ini lah yang membuatnya terinspirasi untuk menciptakan tokoh Sherlock Holmes. Bell adalah rekan sesama dokter dari Sir arthur Conan Doyle, pencipta Sherlock Holmes. Bell terkenal sebagai dokter yang dapat mengobservasi hal dan menarik kesimpulan yang tepat darinya. Bahkan Bell juga beberapa kali membantu polisi untuk memecahkan beberapa penyelidikan.

4. Tintin
6 Tokoh fiksi ini ternyata terinspirasi dari tokoh nyata

Tintin adalah salah satu karakter fiksi yang sangat terkenal. Komiknya telah muncul sejak tahun 1929 dan sudah diterjemahkan ke dalam banyak bahasa di dunia. Hingga saat ini saja komiknya telah terjual sebanyak 200 juta kopi. Selain itu, beberapa tahun yang lalu popularitas Tintin kembali menanjak karena filmnya diangkat kembali ke layar lebar.

Tahukah Anda bahwa sebenarnya tokoh Tintin ini terinspirasi dari tokoh nyata? Tintin terinspirasi dari seorang remaja asal Denmark yang bernama Palle Huld. Huld adalah seorang remaja berusia 15 tahun yang berhasil meniru perjalanan Phineas Fogg dari novel Around the World in 80 Days. Namun tidak seperti Fogg, Huld hanya membutuhkan 44 hari untuk berkeliling dunia.
Perjalanan itu dilakukan pada tahun 1928, satu tahun sebelum debut dari tokoh Tintin. Banyak orang percaya bahwa kisah petualangan dari Huld ini lah yang menginspirasi untuk membuat cerita tentang Tintin di berbagai belahan dunia.

5. Indiana Jones
6 Tokoh fiksi ini ternyata terinspirasi dari tokoh nyata

Indiana Jones adalah salah satu petualang dan arkeolog paling terkenal dalam sejarah. Filmnya selalu ditunggu bahkan hingga dibuat sekuel terbarunya pada 2008. Sebagian besar petualang Indiana Jones dilakukan pada awal abad ke-20. Pada era ini banyak petualang-petualang terkenal yang ada pada sejarah nyata. Tetapi tokoh yang dianggap paling mirip dengan Indiana Jones adalah Hiram Bingham III.

Bingham adalah seorang profesor yang mengajar sejarah Amerika Latin di Yale University. Pria ini terkenal sebagai penemu dari Machu Picchu. Bahkan penampilan Indiana Jones dengan topinya yang legendaris itu juga terinspirasi dari Bingham.

6. Zorro
6 Tokoh fiksi ini ternyata terinspirasi dari tokoh nyata

Zorro merupakan salah satu superhero bertopeng yang paling terkenal. Tokoh yang terkenal dengan pedang dan topengnya ini muncul pada 1919 dan telah hadir pada banyak buku serta film. Kisah Zorro sebagai Robin Hood dari Meksiko ini ternyata terinspirasi dari tokoh nyata yang bernama Joaquin Murrieta.

Lahir pada tahun 1829, pada awalnya Murrieta merupakan seseorang yang sukses dengan tambang emasnya di California sebelum keluarganya diserang dan dibunuh oleh penambang dari Amerika. Karena tidak adanya keberpihakan dan keadilan dari sistem hukum yang ada maka dia mencoba mencari keadilan sendiri dan sejak itu muncullah sosok Zorro.

Murrieta membuat kelompok sendiri untuk membalas dendam terhadap orang yang membunuh keluarganya. Selain itu dia juga merampok beberapa bank dan membagikan hasilnya pada warga meksiko. Pada 1853, Texas Ranger akhirnya berhasil menangkap dan membunuhnya. Namun sejak saat itu pula legendanya sebagai penolong dan pembela rakyat kecil tersebar luas.


sumber : merdeka.com

0 Response to "6 Tokoh fiksi ini ternyata terinspirasi dari tokoh nyata"

Posting Komentar