5 Temuan Arkeologi paling misterius di dunia

Hai sobat, dipostingan kali ini am4nxc akan menyajikan tentang beberapa temuan Arkeologi, yang hingga sampai saat ini masih menyimpan sejuta misteri. Dan temuan-temuan ini, telah banyak mencuri perhatian publik, dari saat ditemukan hingga sampai sekarang ini.

Beberapa diantaranya, mungkin kalian sudah mengetahuinya, namun bagi yang belum, kalian bisa langsung menyantap hidangannya dibawah ini sob.

1. Stonehenge
5 Temuan Arkeologi paling misterius di dunia

Stonehenge, siapa yang tak tau dengan monumen satu ini, ya kan sob? Menurut tante Wiki (Wikipedia) bangunan ini di bangun pada masa zaman Perunggu dan Neolitikum, terletak berdekatan dengan Amesbury di Wiltshire, Ingris, sekitar 13 kilometer barat laut Salisbury.

Dibangun sekitar 4.000 tahun yang lalu, oleh orang-orang primitif, wow! Yang menjadi misteri hingga saat ini adalah, mengapa dan untuk apa Stonehenge dibuat. Hingga saat ini belum ada teori yang mampu menjelaskannya, yang ada hanyalah sebuah perkiraan, bahwa Stonehenge dibuat sebagai tempat observasi astronomi untuk sebuah kuil agama, dan digunakan untuk penyembuhan.

2. Piramida
5 Temuan Arkeologi paling misterius di dunia

Ayolah kawan, jangan bilang kalian tidak tau dengan monumen ini, pastinya kalian tau dong? Dibangun hampir 5.000 tahun yang lalu di Kairo, Mesir. Terdiri dari tiga kompleks Piramida besar, Khufu adalah situs yang paling mendominasi. Khufu dibangun sebagai bukti penghormatan orang mesir kuno untuk Firaun dan seluk-beluk keyakinan mereka tentang akhirat.

Walaupun informasi mengenai Piramida sedikit demi sedikit telah mengungkap misteri yang ada pada monumen ini, namun itu masih belum cukup untuk mengungkap semua misteri yang masih terkubur didalamnya, sebab para arkeolog masih menemukan terowongan baru dan poros yang dibangun dalam Piramida. Dan seperti halnya Stonehenge, tak ada yang tau mengapa dan bagaimana Piramida dibangun, dan siapa yang membangunnya.

3. Atlantis
5 Temuan Arkeologi paling misterius di dunia
Ilustrasi Atlantis

Atlantis, atau pulau Atlantis, adalah sebuah kota yang hilang, yang hingga saat ini masih diperdebatkan tentang sejarah keberadaan pulau tersebut, mereka juga memperdebatkan tentang lokasi yang masuk akal dari berbagai puing-puing pulau, yang tersebar di seluruh dunia.

Menurut tante Wiki nih sob, pulau Atlantis pertama kali di sebut oleh Plato, sejarawan Yunani kuno, dalam buku Timaeus dan Critias. Dalam catatannya, Plato menulis bahwa Atlantis terhampar "di seberang pilar-pilar Herkules", dan memiliki angkatan laut yang menaklukkan Eropa Barat dan Afrika 9.000 tahun sebelum waktu Solon, atau sekitar tahun 9500 SM. Setelah gagal menyerang Yunani, Atlantis tenggelam ke dalam samudra "hanya dalam waktu satu hari satu malam".

4. Ancient Animal Traps
5 Temuan Arkeologi paling misterius di dunia

Dalam waktu yang lama, para arkeolog dibuat bingung, oleh rentetan dinding batu rendah yang melintang di gurun Israel, Mesir dan Yordania. Garis panjangnya hingga 40 mil (64km), dan oleh para ilmuan dijuluki "kites". Ancient Animal Traps, diperkirakan ada sejak 300 tahun sebelum Masehi.

Namun belakangan ini misteri tentang Ancient Animal Traps, mulai mendapat titik terang, sebuah penemuan baru mengklaim bahwa tujuan "kites" dibuat, adalah untuk menjebak hewan liar menuju lubang yang kecil. Dengan cara itu, hewan tersebut dapat dibunuh dengan mudah. Sistem ini menunjukkan keahlian para pemburu lokal yang sangat mengenali perilaku fauna sekitar.

5. Gobekli Tepe
5 Temuan Arkeologi paling misterius di dunia

Sebuah pertanyaan yang muncul mengenai peradaban manusia. Siapakah manusia pertama yang tinggal secara permanen dalam sebuah kota, bertani dan kemudian membangun candi. Gobekli Tepe adalah sebuah penemuan Arkelogi menakjubkan yang ditemukan pada tahun 1994, di sebuah desa yang terletak di Turki. Sebuah desa yang mengundang pertanyaan baru mengenai evolusi peradaban manusia.

Berisi beberapa pilar batu besar yang di atasnya terukir pahatan hewan pada masa 10.000 Sebelum Masehi. Gobekli Tepe dipandang sebagai tempat peribadatan manusia tertua di dunia. Namun, bukti-bukti yang ada menunjukkan bahwa para penghuninya juga adalah pemburu semi-nomaden.

Karena keberadaan Gobekli Tepe, para Arkeolog dibingungkan dengan teori peradaban manusia. Manakah yang lebih dahulu, apakah adanya bangunan tersebut menjadi perangsang bagi manusia untuk tinggal menetap? Ataukah sebaliknya? Pertanyaan ini masih tetap menjadi misteri hingga saat ini.



sumber : merdeka.com

0 Response to "5 Temuan Arkeologi paling misterius di dunia"

Posting Komentar