11 Penemuan yang menggemparkan dan menghebohkan di dunia

Seiring berjalannya waktu, telah banyak penemuan-penemuan besar benda pra-sejarah, yang ditemukan oleh umat manusia, dan kebanyakan penemuan-penemuan tersebut ditemukan oleh para arkeolog, namun ada juga yang ditemukan secara tak disengaja oleh berbagai orang. Dan penemuan purbakala ini, tak hanya ditemukan di satu tempat saja, melainkan dari belahan dunia lainnya.

Setiap benda pra-sejarah yang ditemukan, biasanya memiliki nilai history tersendiri. Dan dari situlah biasanya yang membuat penemuan tersebut heboh dan menggemparkan banyak orang.

Dan dari sekian banyak penemuan-penemuan benda pra-sejarah yang telah ditemukan manusia, beberapa diantaranya telah menghebohkan banyak orang, dan tentunya kalian pasti ingin tau penemuan-penemuan apa saja tersebut bukan? Dari pada penasaran lebih dari ini, sebaiknya kalian santap saja langsung sajiannya dibawah ini. 11 Penemuan yang menggemparkan dan menghebohkan di dunia.

1. 17 Piramida yang hilang di Mesir
11 Penemuan yang menggemparkan dan menghebohkan di dunia


Penemuan paling menggemparkan di dunia lainnya adalah 17 piramida yang pernah hilang di Mesir. Tim Arkeolog University of Albama di Amerika Serikat berhasil menganalisanya dari gambar satelit berpencitra infra merah yang mengorbit sejauh 700 km di atas bumi akhir Mei 2011 lalu.

Tidak hanya itu, satelit tersebut juga berhasil memindai 1.000 makam dan lebih dari 3.000 pemukiman kuno. Satelit ini dilengkapi kamera yang mampu menunjukkan secara tepat objek di bumi dengan ukuran kurang dari 1 meter tersebut, dapat membedakan batu bata lumpur Mesir Kuno dengan batu bata biasa.

Karena batu bata lumpur digunakan warga Mesir Kuno untuk membangun rumah mereka. Pemerintah Mesir sendiri berharap penemuan ini akan meningkatkan kembali pariwisata Mesir yang sempat terpuruk karena revolusi awal tahun lalu.

2. Kereta Firaun
11 Penemuan yang menggemparkan dan menghebohkan di dunia


Penemuan ini tak kalah menggemparkan, yaitu roda kereta Firaun. Tahun 1998 silam, seorang arkeolog bernama Ron Wyatt mengaku telah menemukan beberapa bangkai roda kereta tempur kuno di desa Laut Merah yang diduga adalah roda kereta milik Firaun.

Selain menemukan roda bangkai kereta tempur, Wyatt bersama beberapa tim peneliti juga menemukan beberapa tulang manusia dan tulang kuda di tempat yang sama. Penemuan lainnya yang didapat Wyatt adalah ditemukannya poros roda dari salah satu kereta kuda yang telah tertutup batu karang dan ditemukan juga roda dengan 4 buah jeruji yang terbuat dari emas.

Temuan-temuan ini semakin memperkuat dugaan sisa-sisa kerangka tersebut merupakan bagian dari kerangka dari para bala tentara Firaun yang tenggelam di Laut Merah.

3. Kapal nabi Nuh
11 Penemuan yang menggemparkan dan menghebohkan di dunia


Cerita tentang kapal Nabi Nuh yang dikisahkan dalam sejumlah buku dan beberapa film membuat sejumlah ahli sejarah dari berbagai negara sangat penasaran untuk membuktikan. Rasa penasaran para ahli sejarah ini terjawab sudah.

Pada bulan April 2010 lalu, kelompok peneliti dari Tiongkok yang tergabung dalam Noah's Ark Ministries International mengklaim telah menemukan sisa-sisa perahu Nabi Nuh yang berada di ketinggian 4.000 m di Gunung Agri atau Gunung Ararat di Turki Timur. Para peneliti ini pun berhasil masuk ke dalam perahu tersebut dan mengambil foto dari beberapa specimen.

Bagian yang mereka ambil diklaim berusia 4.800 tahun dan sangat cocok dengan gambaran dalam sejarah. Para peneliti yang berjumlah 15 orang ini juga memamerkan sejumlah fosil kapal yang diduga yang berasal dari kapal Nabi Nuh, seperti tambang, paku, dan pecahan kayu.

4. Penemuan kerangka manusia purba di Bali
11 Penemuan yang menggemparkan dan menghebohkan di dunia


Penemuan cukup menggemparkan juga datang dari Indonesia. Tahun 2010 lalu, sebuah kerangka manusia purba yang berada di dalam sebuah peti jenazah yang terbuat dari batu atau yang disebut juga dengan Sarkofagus ditemukan di Subak, Saba, Desa Keramas, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali.

Dua buah peti batu yang dibangun ujungnya dilengkapi dengan aksesoris mirip kepala kura-kura ini pertama kali ditemukan oleh seorang penggali tanah. Dari penemuan tersebut, Badan Arkeologi Bali berhasil membuka salah satu Sarkofagus yang berisi kerangka manusia purba yang diperkirakan berusia 2.500 tahun.

Kedua Sarkofagus yang ditemukan ini mempunyai ukuran yang berbeda. Sarkofagus yang sudah dibuka mempunyai ukuran panjang 100 cm dengan lebar 12 cm, sedangkan Sarkofagus yang belum dibuka mempunyai ukuran panjang 150 cm dengan lebar 12 cm. Penemuan mengenai kerangka manusia purba ini telah menyebar sampai ke mancanegara.

5. Kuburan ratu misterius di Mesir
11 Penemuan yang menggemparkan dan menghebohkan di dunia


Pada bulan Maret 2010 lalu, seorang arkeolog Perancis mengumumkan telah menemukan sebuah kamar perkuburan seorang ratu misterius bernama Ratu Behenu yang berusia lebih dari 4.000 tahun.

Area perkuburan yang bernama Saqqara ini berada di luar kota Kairo yang sama sekali belum pernah tersentuh oleh manusia. Hal ini dibuktikan oleh 10 tim peneliti yang menggali wilayah perkuburan itu. Diketahuinya bahwa perkuburan tersebut adalah kuburan Ratu Behenu karena adanya tulisan nama gelar yang tertulis di dalam piramida yang kecil di dinding ruang kuburan setinggi 10 x 5 m. Menurut para peneliti yang menemukan kuburan tersebut, mumi Ratu Behenu memang telah hancur tapi "Pyramid Texts" atau disebut juga dengan hieroglif hijau yang tertulis di atas batu masih tetap terjaga.

Piramida kecil yang berada di dalam kuburan Ratu Behenu ini merupakan satu-satunya yang memiliki naskah doa tertulis di dalamnya.

6. Perang kimia kuno di Suriah
11 Penemuan yang menggemparkan dan menghebohkan di dunia


Pada 1933, arkeolog asal Prancis, Robert du Mesnil du Buisson, melakukan sebuah penggalian di wilayah Dura-Europos, yang berada di dekat Kota Al-Salihiyah, sebelah timur Suriah. Dura-Europos merupakan tempat di mana bangsa Persia kuno mengepung musuh bebuyutan mereka yaitu bangsa Romawi.

Selama penggalian, Robert menemukan beberapa terowongan yang dimaksudkan untuk mengepung lawan. Dia juga menemukan setumpuk kerangka diyakni milik 19 tentara Romawi di salah satu terowongan. Semua tentara itu tewas dalam keadaaan hendak melarikan diri dari sesuatu. Satu tentara Persia juga ditemukan sedang mencengkeram baju besinya dalam keadaan panik.

Namun, di tempat itu dia menemukan keanehan lain yakni adanya bekas belerang dan aspal di sepanjang dinding terowongan. Hal ini tentu saja membuat dia bertanya-tanya fakta apa yang membuat satu tentara Persia meninggal ketakutan, 19 tentara Romawi tewas lantaran berusaha menghindari sesuatu, dan bekas belerang yang tersisa di dinding.

Alhasil, penjelasan yang dapat menjawab keanehan itu dan sedikit lebih masuk akal adalah saat penyelidikan dilakukan dari arkeolog asal Inggris Simon James, setelah penggalian Robert. Simon memperkirakan bahwa kematian-kematian menakutkan yang dialami para tentara itu tidak lain terjadi karena adanya perang kimia paling pertama pernah dilakukan.

7. Ratusan tengkorak bayi di selokan
11 Penemuan yang menggemparkan dan menghebohkan di dunia


Sekelompok arkeolog pernah menggali sebuah selokan di bawah tempat pemandian zaman Romawi Bizantium di Kota Ashkelon, Israel. Saat itu mereka menarik sebuah batang yang mereka yakini hanyalah sebuah tongkat.

Namun, mereka akhirnya menemukan ratusan tulang belulang yang kecil-kecil. Para arkeolog ini kemudian mulai menemukan tengkorak dan menyadari bahwa mereka semua sedang berdiri di dalam selokan, yang tidak lain dirancang khusus untuk membuang mayat-mayat bayi yang baru lahir.

Di dalam selokan kuno itu para peneliti menemukan hampir seratus mayat. Tidak ada yang tahu pasti mengapa tulang belulang itu ada di sana. Pada awalnya, mereka berpikir bahwa selokan itu digunakan hanya untuk membuang bayi perempuan, di mana para orang tua dari periode itu memang kerap memperlakukan kaum perempuan secara tidak hormat.

Namun, dari hasil penelitian lanjutan menyebut bahwa tulang-tulang itu banyak yang berasal dari bayi laki-laki. Hal ini menyiratkan fakta bahwa pemandian itu mungkin digunakan bagi para pelacur. Mereka kemudian membuang bayi laki-laki mereka di selokan terletak di bawah kolam pemandian itu, tapi tetap membesarkan bayi perempuan sehingga bisa dipersiapkan untuk kehidupan yang menguntungkan di masa mendatang.

8. Mummi menjerit di Mesir
11 Penemuan yang menggemparkan dan menghebohkan di dunia


Pada 1886, Kepala Dinas Perbekalaan Mesir, Gaston Maspero, melakukan pekerjaan rutinnya, yakni membuka beberapa sarkofagus mumi, membuka kain pembungkus mereka, dan mencatat semua hal berkaitan dengan mumi itu. Namun, ketika itu, dia menemukan sebuah sarkofagus yang sangat biasa dan polos.

Tidak seperti sarkofagus para raja dan ratu di Mesir, sarkofagus ini tidak memberikan informasi mengenai identitas mumi di dalamnya. Bahkan, yang lebih anehnya lagi mumi itu dibungkus dengan kulit domba, kulit yang dianggap najis oleh bangsa Mesir kuno.

Ketika dia akhirnya membuka sarkofagus itu, Gaston melihat tangan dan kaki mumi itu terikat. Dia membuka secara perlahan-lahan sarkofagus itu dan menemukan mumi ini seakan sedang berteriak dengan wajah memandang ke arahnya.

Lantaran memiliki sarkofagus aneh, tangan serta kaki yang terikat, dan ekspresi wajah yang tampaknya tersiksa, para ahli kemudian menyimpulkan bahwa mumi itu kemungkinan mati diracuni, dikubur hidup-hidup atau disiksa sebelum akhirnya meninggal.

9. Kuburan masal Viking tanpa kepala di Inggris
11 Penemuan yang menggemparkan dan menghebohkan di dunia


Sekelompok arkeolog menggali sebuah sisi jalanan tua di Wilayah Dorset, Inggris. Namun, bukannya menemukan bebatuan, mereka justru mendapat sesuatu di luar dugaan mereka, yakni kuburan massal yang di dalamnya terdapat mayat 54 tentara Viking tanpa kepala.

Para arkeolog ini kemudian dengan hati-hati mencatat posisi tulang belulang itu. Ketika mereka mulai menggali, mereka menemukan sesuatu yang tidak biasa mengenai kuburan itu. Ini lantaran tulang kaki dan lengan, kepala serta kerangka mereka diatur dengan rapi dalam susunan secara terpisah.

Para arkeolog kemudian mengemukakan teori awal menyebut bahwa tentara Viking ini kemungkinan dibunuh setelah ditangkap oleh para penghuni desa setempat yang selamat dari serangan Viking. Mayat mereka kemudian ditelanjangi dan dipotong-potong oleh warga. Para warga ini kemudian mengambil beberapa kepala mereka untuk dijadikan cenderamata atau sesuatu yang mereka dapat simpan.

Namun, para arkeolog kemudian mengubah teori mereka dan menyatakan bahwa para tentara Viking itu kemungkinan tidak dipenggal secara brutal oleh sekelompok orang yang ingin balas dendam. Para orang Viking ini kemungkinan telah dikorbankan dalam sebuah ritual dari budaya sekitar pada waktu itu.

10. Kaki burung raksasa
11 Penemuan yang menggemparkan dan menghebohkan di dunia


Penemuan benda purbakala yang menggemparkan dunia berikutnya terjadi tahun 1986 saat sekelompok arkeolog menemukan kaki burung dengan ukuran yang besar di sebuah gua di Gunung Owen, Selandia Baru. Penemuan ini cukup mencengangkan karena kaki burung tersebut ukurannya sangat besar dan nampak masih utuh dengan kuku yang runcing dan tulang yang masih terbalut daging serta kulit.

Dengan kondisi saat penemuan yang masih terlihat utuh, awalnya mereka menduga bahwa kaki tersebut belum lama terpotong. Namun setelah melakukan penelusuran didapatkan bukti bahwa kaki tersebut milik burung Moa yang telah punah sejak ribuan tahun lalu. Diperkirakan kaki itu berumur 3000 tahun dan telah termumifikasi dengan sempurna secara alami.

11. Mummi manusia Tollund
11 Penemuan yang menggemparkan dan menghebohkan di dunia


Manusia Tollund menjadi penemuan purbakala berikutnya yang mencengangkan dunia. Manusia Tollund sendiri merupakan mayat manusia yang termumifikasi secara alami. Beberapa faktor yang membuat jasad ini terawetkan secara alami adalah rendahnya suhu dan kandungan oksigen serta tingginya tingkat keasaman tanah di daerah tersebut.

Mumi ini ditemukan oleh arkeolog di kawasan Eropa Timur pada sebuah lahan gambut. Mumi tersebut berwarna cokelat kekuningan yang mengkilat. Para arkeolog menduga sebelum mati orang-orang ini dibunuh untuk dijadikan sesaji pada ritual meningkatkan hasil panen.




sumber : dream.co.id
               yudhe.com
               paling-unik.com

0 Response to "11 Penemuan yang menggemparkan dan menghebohkan di dunia"

Posting Komentar