Kebiasaan yang bisa memicu stres


Semua orang pasti pernah merasakan stres dalam hidupnya. Stres bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari masalah yang benar-benar nyata hingga pikiran kita sendiri. Terkadang ketika tak ada masalah justru kebiasaan diri kita sendiri yang bisa memicu stres.

Tak banyak yang menyadari bahwa kebiasaan-kebiasaan mereka telah memicu stres. Hal ini tentu tak bisa dibiarkan, karena terus-menerus merasa stres juga tak baik untuk kesehatan. Lantas, kebiasaan apa saja yang bisa memicu stres? Ini dia beberapa di antaranya, seperti dilansir oleh Boldsky (03/05).

1. Melampiaskan emosi
Melampiaskan emosi memang bisa meredakan kemarahan atau stres sedikit. Namun jangan biarkan ini menjadi kebiasaan. Kebiasaan melampiaskan emosi tak sehat untuk mental, terutama jika berlebihan. Jika dengan melampiaskan emosi Anda bisa melepaskan masalah, maka bagus, namun seringkali orang tetap bertahan dengan masalah mereka dengan terus membicarakannya. Ini hanya akan membuat masalah tak hilang-hilang dan justru semakin memicu stres yang besar.

2. Obsesi pada kontrol
Ada hal-hal yang bisa dikontrol dan ada yang berada di luar jangkauan kita. Jangan berfokus pada hal-hal yang tak bisa Anda kendalikan dengan terus berusaha mengendalikannya. Jangan menjadi orang yang terobsesi pada kontrol. Ini bisa memicu stres yang berkepanjangan.

3. Pola makan tak sehat
Ya, pola makan juga berpengaruh terhadap kemungkinan Anda terkena stres. Jika Anda memiliki kebiasaan makan yang tak sehat, ini harus dihentikan. Makan makanan yang tak menyehatkan tak hanya bisa memicu obesitas, tetapi juga bisa menyebabkan stres.

4. Kewalahan dengan pekerjaan
Ada orang yang cenderung suka mengerjakan banyak pekerjaan tanpa menakar kemampuannya. Ini tak baik, karena bisa membuat kewalahan. Kewalahan sebenarnya hal yang wajar dialami. Namun jika sering terjadi, tentu juga tak menyehatkan untuk fisik dan mental. Selalu merasa lelah karena kewalahan juga bisa memicu stres.

Itulah beberapa kebiasaan yang sebaiknya ditinggalkan. Jika Anda sering merasa stres dan tak bisa rileks, bisa jadi kebiasaan-kebiasaan itu penyebabnya.

0 Response to "Kebiasaan yang bisa memicu stres"

Posting Komentar