Ini dia orang pertama yang mengidap penyakit AIDS!

Acquired Immunodeficiency Syndrome atau Acquired Immune Deficiency Syndrome (disingkat AIDS), adalah salah satu penyakit yang hingga saat ini menjadi perhatian bagi seluruh peneliti kesehatan di dunia. Tidak ada yang tahu pasti kapan dan oleh siapa penyebaran penyakit ini dimulai, namun kabarnya terdapat salah seorang yang dijadikan sebagai terduga penyebar dan pengidap AIDS pertama di dunia.

Ini dia orang pertama yang mengidap penyakit AIDS
sumber foto : google

Gaetan Dugas, merupakan seorang pramugara kelahiran Prancis dan Kanada. Dialah manusia pertama yang dianggap pertama kali menularkan penyakit ini, Dugas adalah seorang lelaki yang sangat aktif secara seksual sehingga disinyalir sebagai penyebar HIV sebelum penyakit tersebut teridentifikasi. Gaetan Dugas sendiri lahir pada tanggal 20 April 1953 dan menghembuskan napas terakhirnya pada 30 Maret 1984 akibat infeksi AIDS terhadap ginjalnya.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan American Journal of Medicine, 1984, penyebaran HIV pada awalnya dimulai di New York dengan dugaan virus tersebut dibawa oleh Dugas dari Afrika yang kemudian disebarkan melalui komunitas gay. Dugas bahkan dianggap sebagai orang yang berperilaku sosiopatik sehingga dengan sengaja menularkan virus tersebut terhadap lingkungan sekitarnya.

Setiap tahunnya, Dugas ini memiliki ratusan pasangan yang jika dijumlahkan, maka hingga tahun 1972, Dugas memiliki lebih dari 2.500 partner seks. Istilah “patient zero” kemudian muncul setelah Centers for Disease Control and Prevention (CDC) dirilis. Hal ini disebabkan oleh simpulan yang membuktikan bahwa Dugas merupakan pusat jaringan pasangan seksual dengan julukan “patient zero”.



sumber : merdeka.com

0 Response to "Ini dia orang pertama yang mengidap penyakit AIDS!"

Posting Komentar