Awas!, ngemil di malam hari bisa bikin gemuk, inilah 5 alasanya


Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, bahwa memakan cemilan di malam hari bisa menyebabkan berat badan bertambah, dan bukan hanya itu, makan di malam hari bukan saja dapat meningkatkan resiko obesitas, melainkan juga resiko diabetes dan kolesterol.

Ada beberapa alasan mengapa memakan cemilan di malam hari dapat membuat berat badan bertambah. Dan berikut dibawah ini beberapa alasannya.

1. Pencernaan yang lambat
Di malam hari proses pencernaan melambat. Makan camilan di malam hari akan mempengaruhi proses pencernaan. Jika Anda tak rajin berolahraga, kemungkinan besar akan lebih banyak lemak yang menumpuk jika makan camilan di malam hari. Inilah salah satu alasan mengapa camilan di malam hari bisa meningkatkan risiko obesitas.

2. Ritme sirkadian tak normal
Sebagian besar hormon dalam tubuh kita bekerja dengan ritme yang disebut dengan ritme sirkadian. Ketika ada ketimpangan dalam ritme, ini akan mempengaruhi keseluruhan produksi hormon dan metabolisme tubuh. Salah satu hal yang bisa mengacaukan ritme sirkadian adalah begadang dan makan camilan di malam hari.

3. Makanan tak sehat
Kebanyakan orang yang ngemil di malam hari selalu memilih camilan yang tak sehat. Camilan tak sehat yang dipenuhi dengan zat tambahan dan bahan pengawet akan memberikan asupan kalori yang banyak dan menyebabkan obesitas.

4. Resistensi insulin
Kinerja insulin mengikuti ritme sirkadian. Insulin bisa meningkat dan merosot berdasarkan ritme 24 jam yang dimiliki tubuh. Jika ritme sirkadian terganggu karena begadang atau makan camilan di malam hari, kinerja insulin pun ikut terganggu. Akhirnya ini juga bisa memicu obesitas dan bahkan diabetes.

5. Pola makan
Makan camilan di malam hari juga bisa berimbas hingga pola makan sehari-hari. Kebanyakan makan camilan juga bisa membuat Anda terus lapar di hari berikutnya dan tak bisa mengontrol kebiasaan makan berlebihan. Jika diteruskan, ini bisa memicu obesitas.




sumber : merdeka.com

0 Response to "Awas!, ngemil di malam hari bisa bikin gemuk, inilah 5 alasanya"

Posting Komentar