Cara melatih otak agar tidak mengalami penuaan dengan 5 tips ini

Cara melatih otak agar tidak mengalami penuaan dengan 5 tips ini
sumber foto : google

Otak manusia, adalah struktur pusat pengaturan yang memiliki volume sekitar 1.350cc dan terdiri atas 100 juta sel saraf atau neuron. Kemampuan otak  mengatur dan mengkordinir sebagian besar gerakan, perilaku, dan pungsi tubuh lainnya, seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh. Dengan kata lain, otak manusia bertanggung jawab terhadap pengaturan seluruh badan dan pemikiran manusia. Sehingga dapat dikatakan bahwa otak manusia adalah fitur paling menakjubkan dalam tubuh manusia.

Ada beberapa cara untuk memerangi fungsi dari proses mental yang menurun; seperti memori, kecepatan berpikir, pemecahan masalah, penalaran, dan pengambilan keputusan. Agar membantu mencegah penurunan di hari esok. Dan berikut ini kami akan sajikan pada kalian kawan, lima cara ilmiah melatih otak Anda dibawah ini.

Strategi
Keterampilan logika dan penalaran adalah dasar untuk membuat keputusan dan mempertimbangkan hasil dari tindakan Anda. Semakin Anda menantang diri untuk melakukan hal, semakin Anda memperdalam jalur saraf otak Anda. Seperti pada permainan jenis Catur.

Tantang memori Anda
Betapa pentingnya memori adalah fungsi kognitif Anda setiap kali Anda membaca, berargumen, atau melakukan jenis mental lainnya. Ini bisa Anda lakukan saat bepergian atau mendengarkan radio. Bernyanyi sambil menghafal lirik lagu saat sedang mengemudi.

Fokus 
Perhatian adalah salah satu elemen dasar dari kognisi dan menurun dengan usia. Mengubah rutinitas Anda, juga cara efektif mempengaruhi pertumbuhan daya kognitif otak Anda.


Beri waktu istirahat pada otak Anda
Cara keempat ini juga sangat penting. Meluangkan waktu otak Anda beristirahat, sambil mendengarkan irama musik. Dr. Chapman menyarankan "istirahat lima kali dalam sehari selama lima menit untuk me-reset."

Visualisasi
Salah satu indra yang paling dominan otak Anda untuk memahami dan mengkodekan pengalaman Anda adalah rasa visual Anda. Visual (penglihatan) mampu menganalisis lingkungan Anda dan menyaring daya kognitif dalam otak.

Menurut Dr Sandra Obligasi Chapman, pendiri dan direktur utama dari Pusat BrainHealth bahwa populasi yang menua di dunia tumbuh tidak proporsional. Umur diharapkan kami telah mencapai semua waktu tinggi lebih dari 78 tahun, namun penelitian sebelumnya dibuktikan penurunan kognitif dimulai pada usia 40-an. Bahkan, penelitian menunjukkan peningkatan lebih dari 8% pada aliran darah otak, yang berdampak secara signifikan kinerja kognitif dan membantu otak Anda tetap awet muda.




sumber : dream.co.id, wikipedia.org

0 Response to "Cara melatih otak agar tidak mengalami penuaan dengan 5 tips ini"

Posting Komentar