Pentingnya Yodium Bagi Ibu Hamil

Pentingnya Yodium Bagi Ibu Hamil



Apa kabar sob pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Pentingnya Yodium Bagi Ibu Hamil,  jadi nih sob, jika kita berbicara gizi untuk ibu hamil, asam folat atau zat besi mungkin sudah kerap kita dengar, namun belum banyak yang menekankan pentingnya Yodium untuk kondisi ini.

Yodium sendiri secara umum dapat kita temukan dalam kandungan yang terdapat pada garam fortifikasi yodium, yodium adalah merupakan zat yang memproduksi hormon tiroid, komponen penting bagi perkembangan otak bayi.

Namun sayang, dalam hal ini masih banyak calon ibu yang belum tau atau menyadari pentingnya zat ini, faktanya, di Amerika serikat saja studi yang di muat dalam jurnal Pediatrics mengungkapkan, hampir sepertiga ibu hamil mengalami kekurangan yodium. Padahal kekurangan yodium pada ibu hamil dapat menyebabkan resiko si calon anak pendek (stunting), dan juga dapat memperlambat pertumbuhan mental pada calon anak, bahkan dapat mengurangi kinerja otak.

Menurut American Academy of Pediatrics, peningkatan kosumsi makanan olahan membuat tidak tercukupinya kebutuhan yodium tubuh, ini karena garam yang terdapat pada makanan olahan tidak mengandung yodium.

Oleh sebab itu, para peneliti merekomendasikan ibu hamil dan menyusui untuk mengosumsi suplemen yang mengandung 150 mikrogram yodium dan menggunakan garam yang beryodium, selain itu, mereka juga perlu mengasup yodium dari makanan, sehingga total kosumsi yodium mereka di antara 290 hingga 1.100 mikrogram per hari.

Kata mereka, mengosumsi yodium, selain meningkatkan perkembangan otak, juga dapat melindungi bayi dari ancaman-ancaman lingkungan tertentu, misalnya air dengan kandungan nitrat yang berlebihan hingga paparan asap rokok.


Nah sobat am4nxc semua, itu tadi sedikit informasi mengenai pentingnya yodium bagi ibu hamil, semoga postingan am4nxc ini dapat bermanfaat bagi kalian semua kushusnya bagi anda yang sedang hamil.


Sumber : Kompas.com

0 Response to "Pentingnya Yodium Bagi Ibu Hamil"

Posting Komentar