Riwayat Datu Nur Raya

Riwayat Datu Nur Raya
Riwayat Datu Nur Raya

"Riwayat Datu Nur Raya"

Tak banyak yg mengenal Datu Nuraya yang punya nama Syekh Abdul Mu'in ( sebagian ada yang menyebut Syekh Abdul Jabbar dan ada juga yang menyebut Syekh abdurr rau'f.

Pada saat lebaran/Hari Raya,Datu Suban kedatangan 12 orang murid- muridnya,yaitu : Datu Murkat,Datu Taming Karsa,Datu Niang Thalib,Datu Karipis,Datu Ganun,Datu Argih,Datu Ungku,Datu Labai Duliman,Datu Harun,Datu Arsanaya,Datu Rangga,dan Datu Galuh Diang Bulan.

Ketika sedang menikmati hidangan yang disediakan tuan rumah,tiba- tiba datang seorang yang bertubuh sangat besar.Serta merta mereka terkejut dan segera mengambil tombak dan parang untuk menghadang orang tsb. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. kata orang besar tsb sambil mendekat. Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh.jawab para Datu. Lalu Datu Suban berkata kepada murid-muridnya bahwa orang yang membari salam itu insya Allah akan berniat baik dan tidak membahayakan. Maaf,siapa saudara yang datang dan darimana asalmu serta apa maksud saudara ?tanya Datu Suban. Si Raksasa hanya menjawab dengan ucapan LA ILAHA ILLALLAH. Setiap Datu Suban bertanya selalu dijawabnya dengan kalimat tauhid LA ILAHA ILLALLAH.hingga 7 kali ditanya dan dijawab dengan 7 kali dzikir tauhid itu.Setelah 7 kali dzikir tsb,tiba-tiba raksasa itu ambruk.Lalu para Datu menghampiri dan memeriksanya,ternyata orang besar itu telah meninggal dunia,serempak mereka berujar inna lillahi wa inna ilaihi raji'uun Melihat keadaan yang demikian,para Datu yang berjumlah 13 orang tadi bingung,bagaimana cara memandikan dan menguburkannya? jangankan untuk memandikan dan menguburkannya,mengangkat saja sudah susah,apalagi saat itu musim kemarau panjang,biasanya tanah sangat keras,sedang lubang untuk penguburan harus lebar dan panjang,dan untuk memandikannya juga diperlukan air yang sangat banyak. Konon ditengah kebingungan para datu,tiba-tiba hujan lebat turun dan ketika mereka mengangkat jenazah dengan mengerahkan tenaga penuh,ternyata tubuh orang besar itu sangat ringan,hanya seperti segumpal kapas.Serentak mereka berseru Subhanallah. Sebelum mereka mewaradunya ( membersihkan ) mayat itu,Datu Suban menemukan sebuah tas selempang dari dalam pakaiannnya,setelah membukanya ternyata terdapat sebuah kitab yang akhirnya terkenal dengan sebutan KITAB BARENCONG Para Datu mulai membagi tugas,membersihkan mayat ialah Datu Argih,Datu Niang Thalib,Datu Ganun,Datu Labai Duliman,Datu Ungku,Sedangkan Datu Karipis bertugas mencari batu nisan dari batu alam.Sedang yang lain membuat lubang kubur di gunung Munggu Karikil dekat Munggu tayuh. Konon lubang yang digali tidak cukup untuk mengubur jenazah itu,terpaksa kakinya harus dilipat sehingga tubuhnya seperti huruf hamzah. Pada hari ketujuh setelah meninggalnya raksasa itu Datu Suban membuka kitab yang ditemukan pada jenazah tsb dihadapan 12 muridnya sambil mengucap Bismillahirrahmanirrahiim ternyata berisi bermacam-macam khasiat ilmu dunia dan akhirat. Akhirnya orang besar/raksasa tsb diberi nama NURAYA karena dia datang pada hari raya dan wafat pada hari itu juga dan sesuai dengan badannya yang besar seperti RAYA . Nur Raya berarti pembawa cahaya yang sangat luas seperti Raya dengan panjang kuburnya kurang lebih 60 meter ( dengan kaki dilipat,kalau tidak dilipat mungkin bisa sampa 100 meter ) dan lebar kurang lebih 6 meter.

0 Response to "Riwayat Datu Nur Raya"

Posting Komentar