Kenali 10 ciri-ciri yang ditunjukkan seseorang yang sedang berbohong

Kenali 10 ciri-ciri yang ditunjukkan seseorang yang sedang berbohong

Kita pasti pernah berpikir, bahwa sulit sekali mengetahui sebuah kebohongan yang dilakukan seseorang bukan? Namun tahukah kalian kawan? Sebenarnya insting kita mempunyai kemampuan hebat dalam mengetahui apakah seseorang itu berbohong atau tidak, akan tetapi kemampuan tersebut tertutup oleh pikiran sadar kita yang sering sekali menumpulkan naluri alami tersebut.

Dr. Lillian Glass, analis perilaku dan bahasa tubuh yang bekerjasama dengan FBI menyatakan kalau sikap tubuh dan gerakan seseorang yang sedang berbohong sebenarnya bisa dideteksi dengan mudah. Dan untuk mengetahui ciri-ciri apakah seseorang tersebut berbohong atau tidak, terlebih dahulu kita harus mengetahui perilaku normal seseorang tersebut. Bagaimana dia bersikap dan bergerak dalam keadaan biasa, barulah kalian dapat mengetahui apakah dia berbohong atau tidak. Jika seseorang berbohong, maka akan ada tanda-tanda yang tidak biasa dalam gerak maupun sikap seseorang tersebut. Nah berikut ini kami akan sajikan untuk kalian sepuluh tanda-tanda yang ditunjukkan seseorang saat berbohong. Silahkan santap sajiannya dibawah ini.

1. Mengubah posisi kepala
Tiba-tiba menggerakkan kepala atau merubah posisi kepala begitu ditanyai? bisa jadi orang itu sedang berbohong.

2. Pernapasan berubah
Ketika seseorang sedang berbohong, tak jarang napas mereka berubah lebih cepat. Ini disebabkan karena detak jantung dan aliran darah yang meningkat ketika seseorang sedang berkata bohong.

3. Sulit bicara
Salah satu tanda yang sangat jelas ketika seseorang sedang berkata tak jujur adalah bicaranya yang terbata-bata atau sulit bicara. Hal ini disebabkan karena ketika seseorang berbohong tingkat stres di dalam tubuhnya akan meningkat. Ini membuat sistem nervous otomatis menurunkan aliran saliva. Akibatnya membran mukus mulut menjadi kering.

4. Berkedip
Orang yang tidak ahli berbohong akan berkedip lebih sering saat berbohong. Mereka juga biasa memutuskan kontak dengan lawan bicara. Tetapi seseorang yang sudah ahli berdusta akan menatap lawan bicaranya lebih lama. Khusus untuk orang seperti ini, semakin jarang berkedip dan semakin lama serta intens tatapannya, kemungkinan besar dia sedang berbohong.

5. Sering menunjuk
Orang yang sedang berkata tidak jujur sering menggerakkan jari ke arah lain saat sedang marah (karena kebohongannya terbongkar). Hal ini disebabkan karena mereka ingin mengalihkan kesalahan pada orang lain.

6. Mengubah posisi kaki
Sering mengubah posisi kaki saat berbicara bisa saja menunjukkan kalau orang itu sedang berbohong. Posisi kaki yang berubah-ubah merupakan tanda kalau orang tersebut merasa tidak nyaman dengan situasi yang sedang dihadapi dan ingin segera meninggalkan tempat.

7. Menutupi bagian tubuh
Orang yang sedang berbohong seringkali menggunakan tangan untuk menutupi bagian tubuh yang lemah tanpa disadari. Hati-hati saat seseorang menutupi tenggorokan, dada, atau perut dengan tangan (atau benda tertentu) saat bicara dengan Anda.

8. Menutup mulut
Menutup mulut dengan tangan merupakan sinyal bahwa orang tersebut sebenarnya tidak ingin berbohong, tetapi mereka juga tidak ingin menyampaikan kebenaran.

9. Bicara terlalu banyak dan diulang-ulang
Kadang orang yang berbohong tidak sadar kalau mereka bicara terlalu banyak. Salah satu cirinya adalah memberikan terlalu banyak informasi untuk sebuah pertanyaan. Mereka akan berbicara sebanyak mungkin dengan harapan lawan bicara akan percaya apa yang mereka katakan.

Mereka juga sering mengucapkan kalimat yang sama untuk menekankan pernyataan (yang sebenarnya bohong) kepada lawan bicara. Misalnya, "Tidak, tidak benar. Saya tidak melakukannya. Itu tidak benar."

10. Posisi tubuh kaku
Beberapa orang memang memiliki postur tubuh yang kaku. Tetapi lain ceritanya kalau orang yang dalam keadaan normal sikap tubuhnya santai mendadak jadi kaku. Bisa jadi itu adalah sinyal bahwa dia sedang berbohong.

''Tidak ada satupun bangkai yang tidak berbau, begitu pula dengan kebohongan"





sumber : merdeka.com

0 Response to "Kenali 10 ciri-ciri yang ditunjukkan seseorang yang sedang berbohong"

Posting Komentar