Awas, 5 bahaya kosumsi gula berlebih bagi kecantikan

Awas, 5 bahaya kosumsi gula berlebih bagi kecantikan

Gula memang manis rasanya kawan, namun jika dikosumsi secara berlebih, dapat membahayakan kesehatan. Dan bukan hanya itu saja, penyerapan gula non-alami oleh tubuh juga bisa berimbas pada kecantikan Anda.

Nah, mau tau bahaya apa saja jika mengosumsi gula berlebih pada kecantikan. Kalau begitu simak sajiannya dibawah ini kawan.

1. Kantung mata
Tahukah kamu, bukan cuma garam saja yang bisa menjadi pemicu timbulnya kantung mata? Konsumsi gula dalam jumlah besar setiap hari dapat meningkatkan inflamasi atau pembengkakan di bawah mata.

Menurut Patricia K. Farris seperti dikutip Huffington Post, ahli dermatologi di Tulane University mengatakan pasien-pasiennya yang berhenti mengonsumsi gula mendapati kantung mereka berkurang.

2. Jerawat
Asupan gula yan berlebihan akan meningkatkan kadar insulin dalam tubuh. Tingginya tingkat insulin ini akan memicu produksi sebum di permukaan kulit. Sebum inilah yang kemudian menutup pori-pori kulit dan menyebabkan jerawat.

3. Penuaan dini
Kolagen dan elastin adalah dua protein penting yang menjaga kelenturan dan keremajaan sel kulit. Namun glukosa dan fruktosa pada makanan manis yang kita konsumsi akan merusak kedua protein tersebut, memicu produksi AGE (Advanced Glycation End Products) yang membuat kolagen dan elastin tidak bisa menjalankan fungsi regenerasi sel.

Lebih jauh lagi, kombinasi AGE dan efek merusak sinar UV menghasilkan Reactive Oxygen Species (ROS) yang menambahkan gejala penuaan lebih lanjut pada kulit.

4. Hirsutisme
Tingkat insulin yang tinggi dalam tubuh ternyata tak cuma bisa menyebabkan jerawat saja. Hirsutisme adalah pertumbuhan rambut di wajah pada wanita, biasanya di daerah sekitar mulut.

Hirsutisme disebabkan karena produksi hormon testosteron yang berlebihan pada wanita. Produksi hormon berlebih ini dipicu oleh insulin.

5. Tubuh gemuk
Tubuh gemuk yang tidak ideal tentunya mengganggu penampilan, sebab tidak sedap dipandang. Sudah bukan rahasia lagi kalau asupan gula yang berlebihan akan membuat kita menimbun cadangan energi tak terpakai di dalam tubuh. Akibatnya tubuh jadi berlemak.

Sebaiknya kurangi mengkosumsi gula secara berlebih, jika tidak, bukan hal yang mustahil lima bahaya diatas dapat Anda alami.

Baca juga ini kawan : 5 Cara Memanfaatkan Garam Untuk Kecantikan



sumber : merdeka.com

0 Response to "Awas, 5 bahaya kosumsi gula berlebih bagi kecantikan"

Posting Komentar