7 Replika Termegah di Dunia

Replika adalah sebuah salinan yang sama persis dengan bentuk dan fungsi dari alat, barang atau lainnya. Replika biasanya digunakan untuk tujuan ilmu pengetahuan dalam bidang sejarah, dan biasanya disimpan di dalam museum, kadangkala alat atau benda aslinya tidak pernah dibuat. Replika juga dibuat untuk berbagai macam tujuan misalnya, untuk suvenir atau barang dagangan (merchandise).

Berikut ini adalah 7 Replika Termegah di Dunia versi am4nxc :

1. Kapal Titanic di Halaman Rumah

Replika Kapal Titanic
Replika Kapal Titanic

Seorang fans berat kapal Titanic, menghabiskan waktu selama 25 tahun untuk mengubah sebuah gudang di halaman rumahnya menjadi replika kapal yang paling terkenal di dunia. Aksi uniknya ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada kapal Titanic.

John Siggins, mengumpulkan beberapa potongan dari kapal Titanic untuk mengubah gudangnya agar terasa seperti benar-benar di dalam kapal yang karam pada 1912 silam.

Pria 62 tahun ini awalnya menemukan selimut yang dipakai oleh korban kapal Titanic, kemudian dia berusaha mengumpulkan barang-barang lain untuk melengkapi koleksinya.

Lebih dari 25 tahun John mengubah gudangnya tersebut menjadi ruang makan dan kabin untuk kelas pertama yang terdapat di kapal Titanic.

John memperoleh beberapa perabotan lainnya dari kapal Olympic. Aksi pria yang bekerja sebagai insinyur kereta api ini bertujuan untuk menghormati kapal-kapal besar yang dibangun pada masa itu.

“Barang-barang ini adalah sejarah dan saya membeli semua itu karena dekat dengan hati saya,” ujar John,

“Semua kayu di sini telah diambil dari kapal yang terlihat mirip dengan Titanic. Saya membeli potongan-potongan kayu dengan biaya yang mahal. Ketika saya mendapatkan semua bangian barulah saya menyusunnya dengan melihat arsip kapal Titanic,” tambahnya.

Perlu diketahui, RMS Titanic karam setelah menabrak gunung es pada 1912 silam saat perjalanan antara Southampton dan New York. Tenggelamnya kapal super mewah ini menimbulkan korban jiwa sebanyak 1.500 orang.


2. Kokpit Pesawat di Dalam Kamar

Replika Kokpit Pesawat
Replika Kokpit Pesawat

Gagal saat seleksi, tetapi John Davis (54) tetap menjadi pilot. Ya, dia memang seorang pilot namun di dalam kamar tidur. Kok bisa?

Kisahnya berawal dari keinginan pria asal Coventry, Inggris itu menjadi pilot pesawat. Namun karena kurang mengusai matematika, dia gagal saat seleksi. Bukannya patah arang, dia justru membikin replika kokpit pesawat jenis Boeing 747-400 di kamarnya. Di sana juga ada simulator terbang berlayar lebar. Luar biasanya lagi, semua itu dia rancang hanya berdasar hasil ‘berselancar’ di internet.

Selama 15 tahun, Davis membangun kokpit senilai sekitar Rp 387 juta itu. Agar balik modal, selain digunakan sendiri, dia juga menyewakan kamar itu bagi siapa pun untuk belajar ‘menerbangkan’ pesawat. Responsnya luar biasa. Tiap bulan dia bisa menangguk uang sampai Rp 60 juta.

“Saya selalu ingin menjadi pilot. Bahkan, kini saya punya hal terbaik lainnya,”


3. Kereta Api diruang bawah tanah rumah

Replika Kereta Api
Replika Kereta Api

Atas kecintaanya terhadap kereta api, seorang pria bertekad membuat replika moda transportasi darat tersebut di ruang bawah tanah rumahnya.

Jason Shron, 37, yang memiliki perusahaan model kereta di Kanada, akhirnya selesai proyek tersebut bulan lalu setelah menghabiskan waktu selama 2.500 jam atau 4,5 tahun. Ditaksir, replika itu bernilai US$10 ribu.

Shron mengatakan lamanya proses pembuatan replika itu disebabkan ia merasa dirinya harus membuat kereta tampak autentik. Apalagi, ia juga kesulitan mendapatkan bagian kereta yang cocok. Namun, ia akhirnya bisa membongkar sebuah gerbong kereta dan membawa pulang beberapa bagiannya.

"Saya memang selalu ingin memiliki kereta di ruang bawah tanah saya sejak masih kecil," kata Shron. "Bahkan, ketika saya dan istri hendak membeli rumah, saya akan mengatakan 'tidak' jika ruang bawah tanahnya tidak cukup besar bagi saya untuk membangun replika kereta."

"Saya bahkan memiliki surat dari VIA Rail Canada mengatakan bahwa mereka tidak bisa menjual bangku kereta kepada saya. Itu pada 1987 dan saya berumur 12 tahun," kenangnya.

Shron pun tampak mengerjakan proyeknya itu dengan sangat teliti. Perhatiannya terhadap detail jelas terlihat. Ada nomor bangku asli, bangkunya, rak jadwal, tanda selamat datang, kait mantel, dan karpet dari 1970.

"Semuanya akurat, tapi saya mengganti kamar mandi dengan tempat bekerja saya." Terdengar pula suara latar belakang kereta yang berjalan.

Hasil kreasi Shron ini pun menjadi pusat perhatian di wilayahnya. Tak sedikit wisatawan yang penasaran untuk berkunjung ke ruang bawah tanah Shron.


4. Kapal Nabi Nuh

Replika Kapal Nabi Nuh
Replika Kapal Nabi Nuh

Seorang pria Belanda, Johan Huibers, akhirnya menyelesaikan proyek 20 tahunnya membangun perahu Nabi Nuh dengan ukuran sebenarnya dan tentu saja bisa difungsikan.

Huibers, seorang penganut Kristen yang taat, menggunakan catatan dalam Kitab Kejadian untuk membangun perahu Nabi Nuh itu. Dia mengikuti ukuran perahu yang diberikan Tuhan kepada Nabi Nuh.

Jika diterjemahkan ke dalam ukuran modern, perahu Nabi Nuh ala Huibert ini berukuran panjang 130 meter, lebar 29 meter, dan tinggi 23 meter. Dengan ukuran ini, mungkin perahu ini terlalu kecil untuk menampung semua hewan di dunia seperti dikisahkan dalam Kitab Kejadian. Namun, perahu ini masih cukup besar untuk menampung sepasang gajah.

Kapal Nabi Nuh ciptaan Huibers ini sangat jelas terlihat dari jalan raya yang melintasi kota Dordrecht, sebelah selatan Rotterdam.

Replika perahu Nabi Nuh itu kini ramai dikunjungi wisatawan yang ingin melihat dan merasakan seperi apa perahu Nabi Nuh. Untuk melengkapi perahu ini, Huibers menambahkan replika hewan-hewan dari plastik seperti banteng, zebra, gorila, singa, harimau, dan gajah.

Di bagian lain perahu ini, Huibers menambahkan kebun binatang kecil yang berisi hewan-hewan hidup dan jinak seperti kuda poni, anjing, domba, dan kelinci serta beberapa ekor burung.


5. Dapur dari Coklat

Replika Dapur dari Coklat

Master pastry chef Alain Roby telah membangun replika dapur rumahnya di Jenewa, seluruhnya terbuat dari 2.000 pon coklat dan gula.

Alain Roby, pria yang sebelumnya membangun sebuah pencakar langit cokelat 20-kaki dan pohon Natal 22-kaki yang terbuat dari coklat, mulai bekerja pada replika yang unik tahun lalu, ketika ia menerima sumbangan dari Callebaut chocolaterie coklat Belgia. Dia mulai dengan melelehkan cokelat ke dalam cetakan ia rancang sendiri, dan menghubungkan bagian menggunakan coklat. Piring-piring terbuat dari gula, dan ubin yang mengkilap dan dipahat menjadi bentuk yang diinginkan. Keseluruhan proyek waktu berbulan-bulan untuk menyelesaikan, dan Alain masih menemukan cara untuk memperbaikinya.

Artis coklat mengakui kesenian dapur merupakan tantangan besar, tapi itu sebenarnya bagian teknik yang paling rumit. Dapurnya lengkap dengan lemari, kompor, wastafel, sebuah backsplash keramik, teko dan piring. Dapur cokelat Alain Roby telah menjadi daya tarik lokal di Jenewa, karena telah dipamerkan di tempat pusat kota.


6. Sekolah Sihir Harry Potter dari Mainan

Replika Sekolah Sihir Harry Potter
Replika Sekolah Sihir Harry Potter

Sekitar 10.000 batu bata LEGO digunakan hanya untuk satu struktur berbentuk L, panjang pusat tangga sekolah saja memiliki panjang hampir 4 meter.

Sebelum membangun replika ini, Alice Finch melakukan penelitian yang rinci mengenai setting tempat dan suasana Harry Potter dari buku dan film. Seniman ini memperhatikan setiap hal hingga sampai pada ukuran terkecil, Anda dapat menyaksikan bagaimana detailnya setiap benda yang ada di replika kelas Pertahanan Lupin Terhadap Ilmu Hitam.

Alice Finch juga melakukan serangkaian tur dalam melakukan tahap perencanaan stuktur replika dari LEGO itu dengan mengunjungi studio Harry Potter di London dan Oxford di mana tempat film itu dibuat, dan Alice berhasil mendapatkan foto panorama rinci dan detail arsitektur terkecil.

Replika Hogwarts School of Witchcraft & Wizardry mungkin saja merupakan struktur LEGO terbesar yang pernah dibangun oleh satu orang. Replika ini memenangkan gelar “Best in Show” kedua dan “People’s Choice” pada BrickCon 2012.



7. Pesawat Ruang Angkasa di Atap Rumah



Pesawat Ruang Angkasa di Atap Rumah
Pesawat Ruang Angkasa

Mimpi memang tidak selamanya bisa terwujud. Semakin tinggi mimpi, maka untuk mewujudkannya semakin sulit. Itulah yang dihadapi salah seorang petani asal China, ia bermimpi ingin membangun pesawat ruang angkasa sejak masih kecil.

Namun sementara yang lainnya menyerah dalam mewujudkan mimpi, Huang Yuzhan tidak kenal menyerah. Tak habis akal, ia pun membuat replika pesawat ruang angkasa di atap rumahnya.

Yuzhan membangun replika pesawat ruang angkasa setinggi tujuh meter dan lebar 3,8 meter tersebut, hanya dalam kurun waktu lebih dari satu tahun. Roket yang dibangun di rumah miliknya di desa Xiapu, Guangdong, China selatan ini, lengkap dengan penguat di sisinya.

Struktur dan ketelitiannya sangat mengesankan, bahan pembuatnya adalah keramik yang disusun sedemikian rupa. Sehingga sangat mirip dengan pesawat ruang angkasa aslinya.

Kini, replika pesawat tersebut terpampang di atas rumahnya, dan bisa terlihat dari kejauhan, karena rumah-rumah di sekelilingnya tidak terlalu tinggi. Sehingga menarik minta banyak orang untuk berhenti dan menganbil gambar replika pesawat tersebut.


Nah, Mungkin itu saja yang dapat am4nxc berikan untuk Sobat, Semoga artikel 7 Replika Termegah di Dunia diatas bisa menambah Sumber Wawasan dan Informasi buat Sobat semua.

0 Response to "7 Replika Termegah di Dunia"

Posting Komentar