5 Faktor Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyakit Asam Urat

Penyakit yang muncul pada kebanyakan orang yang memasuki usia senja adalah asam urat. Sebenarnya asam urat bisa dicegah dengan memperhatikan penyebabnya agar bisa mencegah gejalanya. Berikut adalah 5 faktor penyebab penyakit asam urat.

1. Kondisi kesehatan
Orang yang mengalami penyakit seperti obesitas atau diabetes cenderung akan terkena juga asam urat. Bagi penderita obesitas memiliki resiko terkena asam urat 4 kali lebih besar dari orang dengan berat badan normal. Sementara penyakit diabetes bisa memunculkan gejala asam urat karena kondisi itu mengganggu fungsi ginjal. Maka dari itu selalu jaga kesehatan Sobat agar terhindar dari berbagai penyakit berbahaya macam asam urat.

2. Usia
Pada umumnya asam urat menyerang orang berusia 45 tahun ke atas walau ada juga yang menyerang orang yang baru menginjak umur 30an. Seorang pakar ahli sendi mengatakan semakin tua umur seseorang akan semakin besar pula resiko terkena asam urat. Hal itu didasari dari pelemahan fungsi ginjal seiring berkurangnya usia. Keadaan itu mengakibatkan kadar asam urat bertambah.

3. Gender
Menurut sebuah penelitian, penderita asam urat kebanyakan berjenis kelamin laki-laki. Laki-laki memiliki resiko asam urat lebih tinggi dari wanita karena hormon esterogen pada wanita melindungi dari gejala-gejala asam urat sejak anak-anak. Tetapi jika seorang wanita telah mengalami menopause/berhenti masa kesuburan, tingkat resiko terkena asama urat menjadi tinggi sama dengan kaum laki-laki.

4. Obat-obatan
Beberapa macam obat-obatan bisa memicu terkenanya asam urat seperti aspirin, obat diuretik dan obat transplantasi. Penggunaan obat-obat tersebut memang tak bisa dihindari karena penting juga untuk kesehatan tubuh. Sebaiknya Sobat mengkonsumsi juga obat tambahan yang bisa menurunkan kadar asam urat. Dan perlu diingat untuk selalu mengkonsumsi obat sesuai resep dokter.

5. Minuman beralkohol
Jika anda sering minum bir atau minuman beralkohol lainnya, sebaiknya hentikan kebiasaan itu karena hal tersebut bisa memicu asam urat. Bir adalah minuman beralkohol berkalori tinggi yang sangat dianjurkan dihindari terutama jika anda sudah didiagnosis terkena asam urat.

Demikian 5 faktor penyebab penyakit asam urat, semoga dengan informasi barusan bisa membantu Sobat untuk cermat menjaga kesehatan. Tubuh tetap sehat tanpa mengalami penyakit seiring bertambahnya usia.

0 Response to "5 Faktor Penyebab Penyakit Asam Urat"

Posting Komentar