Makanan Di Pesawat Kurang Enak, Mengapa?

Makanan Di Pesawat Kurang Enak, Mengapa?



Bagi kalian yang pernah menumpang pesawat, sedikit banyak dari kalian pasti pernah mengomentari tentang mengapa makanan di pesawat kurang lezat, apakah karena selera penumpang yang berbeda-beda,? kandungan bahan yang tidak berkualitas,? koki yang tidak ahli dalam mengolah makanan tersebut,? atau bahan makanan yang di gunakan sudah tidak segar.? pertanyaan-pertanyaan tersebut pasti pernah kalian tanyakan.

Grant Mickels, Executive Chef dari Culinary Development Lufthansa LSG Sky Chef. Mengatakan ''Di ketinggian 35.000 kaki, hal pertama yang hilang adalah rasa, ini memengaruhi, terlepas dari bahan atau selera, apa-pun yang Anda makan seperti ikan, daging, bahkan pasta, akan terasa begitu membosankan di udara ketimbang saat Anda berada di daratan.''

Penjelasan Mickels juga di perkuat oleh riset yang di lakukan oleh Fraunhofer Institute, sebuah organisasi riset di Jerman saat melakukan penelitian dengan mencoba hidangan di permukaan laut dan dalam kondisi yang bertekanan tinggi.

Mickels menambahkan, suasana kabin yang dikombinasikan dengan udara kering akan membuat lidah Anda mati rasa, seperti saat Anda sedang flu. Persepsi penumpang soal rasa asin dan manis juga akan bergeser dan berubah sekitar 30 persen saat berada di ketinggian.

Faktor lain yang juga dipaparkan Mickels adalah karena penurunan kelembapan di kabin membuat udara di hidung menipis dan mengering sehingga melumpuhkan sensor indra pencium saat mencicipi hidangan di pesawat.

Selain itu, kebisingan yang ada di kabin juga mempengaruhi selera dan mengurangi kepekaan rasa asin dan manis yang justru memicu rasa garing yang lebih dominan.

Untuk menguji hal itu, sebanyak 48 orang relawan di tutup matanya dan di berikan hidangan biskuit manis serta keripik asin sambil mendengarkan kesunyian atau kegaduhan melalui headphone di laboratorium Unilever dan Universitas Manchester. Semua relawan merasakan hidangan yang kurang asin dan kurang manis ketika mendengarkan kegaduhan, dan hanya renyah yang terasa.


Sumber : Kompas.com

0 Response to "Makanan Di Pesawat Kurang Enak, Mengapa?"

Posting Komentar