Robot Terkecil di Dunia Hanya Seukuran Lalat

flight-of-tiny
flight of tiny





Pada umumnya robot itu besar dan berat, tapi ini berlainan dengan pandangan kita. Robot ini Robot Terkecil di Dunia Hanya Seukuran Lalat, bagaimana tidak beratnya hanya 106 saja.

Penemunya adalah Ilmuwan dari Harvard University yang terinspirasi dari serangga mencapai prestasi dengan hanya mengandalkan pada kapal indra.

Meskipun kecil bisa dibilang kecil-kecil cabe rawit,karena dapat digunakan dalam operasi pencarian dan penyelamatan,dikarenakan bentuknya yang relative kecil dapat masuk melalui ruang-ruang yang kecil di dalam puing-puing yang runtuh.

Tidak hanya itu saja,robot ini juga dapat gunakan untuk memantau kondisi lingkungan dan bahkan menyerbuki tanaman dimasa depan.

Hal ini didukung dan dikendalikan dengan menggunakan kawat tether ringan dan dapat melakukan manuver lincah seperti serangga.

KONSEP

The Robo-fly memiliki berat 106mg body serat karbon, sayap ini didukung oleh elektronik 'otot' .

Hal ini didukung dan dikendalikan melalui kawat tether ringan dan dapat melakukan manuver lincah seperti serangga.

Piramida berbentuk sensor cahaya diatas kepala berfungsi menyeimbangkannya dan pertama kalinya ini digunakan dalam mesin sangat kecil.

Model terdahulu diperlukan kamera eksternal untuk melakukan manuver korektif.

Mereka mendasarkan model mereka pada mata sensitif cahaya sederhana yang disebut ocelli ditemukan dalam lebah, lalat dan serangga lainnya yang serupa di desain untuk itu kami karena lensa tunggal mereka.

Mereka dapat melihat warna dan digunakan untuk navigasi dan menjaga stabilitas di penerbangan.

Di pesawat tak berawak, desain ocelli terdiri dari empat phototransistors disolder ke papan sirkuit yang dibangun khusus yang dilipat menjadi piramida, menurut Journal of Royal Society Interface.

Mekanik mereka ke drone untuk keseimbangan, yang dalam percobaan, tetap tegak untuk tahap pendakian kedua 0.3, yang setara dengan 40 stoke sayap. Ungkap seorng ilmuan.

"Dalam karya ini, kami menunjukkan bagaimana ocelli terinspirasi sensor visi dapat digunakan untuk menstabilkan orientasi tegak lalat robot terbang, kata Dr Sawyer.

"Meskipun sejumlah sensor telah diusulkan yang bisa, pada prinsipnya, diintegrasikan ke dalam robot tersebut, beberapa telah dioperasikan pada fly robot dansebelumnya telah dilakukan dalam penerbangan bebas. Oleh karena itu, hasil ini merupakan demonstrasi pertama dari on board sensor dalam penerbangan gratis pada skala ini.

Dalam beberapa tahun diharapkan bahwa robo-fly akan sepenuhnya wireless, memungkinkan satu hari bahkan digunakan untuk penyerbukan tanaman, yang terutama penting karena populasi lebah madu berjuang di seluruh dunia.

Sementara itu, Dr Fuller dan rekan berharap untuk menggunakan ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana serangga terbang.

Flying robot pada skala dan terinspirasi oleh lalat dapat memberikan wawasan ke dalam mekanisme yang digunakan oleh rekan-rekan biologis mereka, "katanya.

Hewan-hewan aparat flight' telah berevolusi selama jutaan tahun untuk menemukan solusi kinerja yang kuat dan tinggi yang melebihi kemampuan kendaraan robot saat ini.

Dia menjelaskan bahwa Dipteran lalat yang sangat lincah dan bisa berubah dalam hitungan milidetik selama pengejaran atau ketika mendarat terbalik di langit-langit.

Prestasi ini dilakukan dengan menggunakan sumber daya dari sistem saraf relatif kecil. Hal ini tidak dipahami dengan baik bagaimana mereka melakukan ini, dari aerodinamis goyah sayap mereka berinteraksi dengan cairan sekitarnya untuk transductions sensorimotor di otak mereka.

Salah satu upaya untuk melakukan reverse engineering aparat penerbangan mereka menggunakan robot yang memiliki karakteristik serupa dapat memberikan wawasan yang akan sulit untuk mendapatkan menggunakan metode lain seperti mekanika fluida model atau eksperimen menyelidiki perilaku hewan.

Hasilnya akan pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana serangga telah mencapai kemampuan superlatif mereka yang dapat diterapkan terhadap peningkatan sistem robot.


Sumber : http://www.dailymail.co.uk/

0 Response to "Robot Terkecil di Dunia Hanya Seukuran Lalat"

Posting Komentar