Inilah 5 kuliner khas Kalimantan Selatan

inilah 5 kuliner khas Kalimantan Selatan yang wajib Anda cicipi saat berkunjung ke Kalimantan Selatan :

Ketupat Kandangan
Ketupat Kandangan

 1. Ketupat Kandangan

Kuliner pertama yang wajib Anda cicipi adalah ketupat Kandangan. Sesuai namanya, makanan ini berasal dari daerah Kandangan di Kalsel. Ketupat Kandangan tidaklah sama dengan ketupat sayur yang mungkin sering Anda nikmati. Ketupat yang satu ini berkuah santan kental, dengan menu pelengkap berupa ikan gabus atau ikan haruan. Banyak turis yang berburu wisata kuliner ini karena menyukai rasanya yang gurih, terutama ikannya.

Tidak perlu repot-repot mencari tempat makan yang menjual menu ini, karena ada banyak rumah makan yang menyediakan ketupat Kandangan. Tapi, kalau ingin mencoba di daerah penghasilnya langsung, Anda bisa datang ke Kandangan. Di sini, ada banyak rumah makan yang khusus menjual ketupat Kandangan. Yummy!

Soto Banjar
Soto Banjar
 2. Soto Banjar

Kuliner kedua yang harus Anda buru saat traveling ke Kalsel tentu saja soto Banjar. Mungkin sebagian besar dari traveler sudah pernah mencicipi soto yang satu ini. Soto Banjar berwarna bening dengan ketupat, bihun, ayam, telur dan perkedel sebagai tambahan. Rasa gurih dari kuah beningnya yang membuat banyak turis ketagihan.

Sama seperti ketupat Kandangan, soto Banjar juga banyak dijual di berbagai warung makan di Kalsel. Bahkan, hampir seluruh menu utama rumah makan di Kalsel adalah Soto Banjar. Namun, jika turis ingin merasakan nikmatnya wisata kuliner soto Banjar, bisa datang ke Pasar Terapung yang ada di Sungai Kuin. Di sana, Anda akan disuguhkan dengan semangkuk soto Banjar langsung di atas perahu. Seru!

Apam Barabai
Apam Barabai
 3. Apam Barabai

Setelah ketupat Kandangan dan soto Banjar, kuliner selanjutnya yang juga harus Anda buru adalah apam Barabai. Ini adalah kue yang hanya bisa turis temukan di Barabai, Kab Hulu Sungai Tengah, Kalsel.

Apam Barabai memiliki rasa yang hampir mirip dengan kue apem yang banyak ditemukan di Jakarta. Hanya saja, ukurannya lebih tipis dan lebih manis.

Jika ingin berburu cemilan enak ini, turis harus bangun pagi dan langsung menuju Pasar Barabai. Kue ini banyak dijual pedagang di Pasar Barabai, namun hanya pagi hari. Ini karena banyak warga lokal yang menjadikannya sebagai sarapan.

Dodol Kandangan
Dodol Kandangan

4. Dodol Kandangan 

Ternyata, selain ketupat Kandangan, Kota Kandangan juga dikenal dengan cemilan legitnya yang bernama Dodol Kandangan. Sama seperti dodol lain yang mungkin biasa Anda cicipi, dodol Kandangan memiliki banyak varian rasa, seperti durian dan manis. Yang membedakan adalah ukurannya yang lebih tipis dan rasa manisnya yang sedang.

Biasanya, dodol Kandangan banyak dijual di dalam rumah makan ketupat Kandangan. Tapi, ada juga warung pinggir jalan di Kandangan yang khusus menjual dodol ini. Jadi, selesai makan ketupat, puaskan wisata kuliner Anda dengan membeli dodol Kandangan.

klepon buntut
Klepon buntut

5. Klepon Buntut Martapura

Nah, ada lagi kuliner khas yang dimiliki Kalsel, kali ini tepatnya kuliner khas milik Martapura. Kota yang terkenal dengan tambang intannya ini memiliki kuliner khas bernama klepon buntut.

Klepon buntut memiliki rasa dan bentuk yang sama dengan klepon yang banyak dijajakkan di pasar. Hanya saja, klepon buntut memiliki ukuran yang lebih kecil dan sedikit lebih kenyal.

Kue khas Martapura ini banyak dijual di sepanjang jalan menuju Martapura. Bahkan, ada banyak pula pedagang yang menjajakkan klepon buntut di sekitar lampur merah Martapura. Jadi, jangan lewatkan menikmati cemilan ini saat liburan ke Martapura, ya!

0 Response to "Inilah 5 kuliner khas Kalimantan Selatan"

Posting Komentar